Sabtu, 20 Agustus 2011

Objek Wisata Papua

Tempat - tempat menarik yang bisa dijadikan objek wisata sangat banyak, beberapa diantaranya :


Lembah Baliem - Rumah Suku Dani

Lembah Baliem yang terletak di Papua tengah, tepatnya di wilayah Jayawijaya merupakan tujuan turis paling utama di Papua. Keindahan alamnya berpadu dengan penduduknya yang masih hidup sederhana dari alam.
Suku yang disebut sebagai suku primitf peninggalan peradaban jaman batu ini merupakan salah satu dari peninggalan peradaban tertua yang masih bertahan, lepas dari  kondisi yang berat dan kemajuan teknologi di era modernisasi sekarng ini. Tempat ini bisa dicapai dengan pesawat dari Wamena atau berjalan kaki selama 5 jam.
Waisaput adalah desa tradisional di Lembah Baliem. Di sini anda bisa menyaksikan adat perkawinan suku Dani dan mummi yang diperkirakan sudah berusia 200 tahun.

Suku Asmat - Sang Pemahat Ulung

Suku Asmat adalah seniman sejati. Patung kayu hasil kerajinan mereka diakui dunia internasional  sebagai hasil karya seni berkelas tinggi. Darah seni ini mengalir dengan tanpa sengaja karena dalam kehiduan sehari-hari mereka menggunakan peralatan yang berhubungan dengan kayu. Suku ini mendiami daerah Teluk Flamingo dan Teluk Cook, di wilayah pantai sebelah barat daya Papua.
Kehidupan modern tidak mencapai wilayah ini kecuali beberapa tahun terakhir.  Sebagian besar wilayah ini masih berupa wilayah hutan lebat yang belum dirambah manusia.  Meski demikian nasib para seniman sejati tak lepas dari perhatian dunia Internasional. Pada akhir tahun enam puluhan, para pemahat suku Asmat menerima bantuan dari PBB  demi upaya mempertahankan kelestarian seni patung mereka. Di kota Agat anda bisa mengunjungi museum yang menampilkan koleksi  patung kayu dan hasil kerajinan mereka.

Puncak Jaya Wijaya

Pegunungan Jaya Wijaya terletak di bagian tengah dari Papua, tepatnya di kawasan Jayawijiya. Puncaknya yang tertinggi antara lain Puncak Trikora, Jaya, Yamin dan Mandala. Suku Dani, Yali, Ndunga and Ngalum mendiami wilayah ini.
Puncak Jaya yang berada pada ketinggian 5,500 meter di atas permukaan laut merupakan puncak tertinggi di Papua bahakan di Indonesia. Di puncak bisa ditemukan salju. Untuk mencapai puncak ini diperlukan waktu sekitar 10 and 20 hari. Puncak  Castensz terletak di bagian dinding utara pegunungan ini, sementara di bawahnya adalah New Zealand Pass, area pendakian yang paling berbahaya dan sangat ditakuti para pendaki.



0 komentar:

Another Templates